Sehari mengitari Ayutthaya bareng KKDay!

11 Jun
2017

Ayutthaya, kali kedua saya berlibur dengan keluarga ke Bangkok, Thailand, saya tertarik mengunjungi kota ini, sebuah kota yang sarat dengan peninggalan sejarah Thailand yang berada sekitar 85km dari Bangkok kearah utara.

 

Ayutthaya pernah menjadi ibukota kedua negara Siam setelah Sukhotai. Diseluruh kawasan kotanya kini tersebar kuil-kuil besar kecil penginggalan masa kejayaan saat itu hingga akhirnya ditetapkan sebagai salah satu UNESCO Heritage Site. Nah, sungguh menyenangkan sekali rasanaya berkunjung kemari, jauh dari hiruk pikuk Bangkok yang ramai.

Wat Lokaya Suttha atau Buddha Tidur. Ga perlu tiket masuk untuk yang satu ini.
Wat Lokaya Suttha atau Buddha Tidur. Ga perlu tiket masuk untuk yang satu ini.

Beruntung group traveling saya Liburan Murah sekarang mengadakan kerjasama dengan KKDay, sehingga ada diskon khusus 10%, bagi para pembaca blog aku yang kece juga boleh pake link ini supaya dapet diskon hihi! KKDay mempunyai banyak sekali pilihan tiket atraksi dan aktifitas seluruh dunia loh! Akhirnya saya menyewa sebuah mobil yang bisa digunakan seharian selama 10 jam dari Bangkok untuk mengitari Ayutthaya. Yuk cuzzzzz!!!

 

Memang menuju Ayutthaya ada banyak pilihan angkutan umum, namun karena mengajak kedua orang tua saya yang sedikit tidak terbiasa dengan gaya backpacker, akhirnya kami sepakat menyewa mobil saja. Saya melihat produk ini dari KKDay dan akhirnya saya booking secara online, sehingga ketika saya sampai disana saya sudah tidak bingung mencari-cari lagi operatornya karena mereka yang akan menjemput saya di hotel. Ini produk yang saya pakai: https://www.kkday.com/en/product/2148

Mr Bu kkday
Mobil Fortuner yang kami sewa dari KKDay dan Mr Bu, driver kami yang super cekatan dan sangat hapal dengan rute di Ayutthaya ini!

Hari dan jam yang sudah ditentukan, Mr Bu, driver saya di hotel di Bangkok. Beliau memang tidak terlalu fasih berbahasa inggris tapi ternyata kami tidak ada kesulitan berkomunikasi tentang apa yang akan dituju untuk dilihat, hanya saja kami tidak bisa berbincang-bincang yang terlalu dalam hehe!

 

Fortuner putih yang jadi kendaraan kami hari ini melaju cepat membelah jalanan Bangkok dan tiba di Ayutthaya dalam satu jam 30 menit. Dalam perjalananan sesekali hujan mengguyur. Ah untung sewa mobil sehingga tidak takut kehujanan atau tidak ada taxi.

 

Rupanya Mr Bu sudah khatam sekali dengan rute di Ayutthaya ini, jadi beliau langsung mengantar kami berkeliling sampai puas! Perhentian pertama kami adalah Bang Pa-In Palace, istana musim panas raja. Tidak lupa Mr Bu membekali kami dengan dua payung, takut jika hujan turun lagi. Puas berputar-putar dalam istana dengan mobil Golf, kami mulai menuju kuil-kuil yang sekarang sudah tidak aktif lagi namun masih dilestarikan.

Ada banyak sekali bangunan di dalam kompleks Bang Pa-In, ada yang bergaya tradisional Thailand, ada yang bergaya eropa.
Ada banyak sekali bangunan di dalam kompleks Bang Pa-In, ada yang bergaya tradisional Thailand, ada yang bergaya eropa.

Wat Chaiwatthanaram adalah salah satu komplek kuil terindah dan terbesar. Batu bata merahnya memang membuat warna perjalanan kami sungguh berwarna! Puas berjalan-jalan, kami diantar ke beberapa kuil lain yang juga tak kalah indah dan unik. Wat Maha That, Wat Phra Si Sanphet, Wat chai Mongkhon dan Wat Lokaya Sutthanaram adalah kuil yang sempat kami kunjungi. Sebetulnya masih banyak lagi jika melihat peta kota itu tapi mungkin saya terlalu lama berpose kecenya jadi lebih memakan waktu yah hihihi! Jika memang berniat untuk melihat semuanya mungkin bisa menghabiskan 2 atau 3 hari disana.

Wat Phra Si Sanphet. Tiga stupa besar sebagai ikon disini terbuat dari batu, bukan batu bata merah seperti yang lainnya.
Wat Phra Si Sanphet. Tiga stupa besar sebagai ikon disini terbuat dari batu, bukan batu bata merah seperti yang lainnya.

 

Wat Chaiwatthanaram, salah satu kuil paling instagrammable di Ayutthaya.
Wat Chaiwatthanaram, salah satu kuil paling instagrammable di Ayutthaya.

Makan siang hari itu pun lezat dengan harga menengah karena kami memesan banyak makanan laut yang memang lebih mahal, tapi puas sekali menyantapnya. Mr Bu tahu aja selera kami haha!

 

Setelah puas berjalan-jalan acara ditutup dengan melahap es krim durian yang saya beli di kios depan kuil, kemudian kami kembali lagi ke Bangkok karena hari sudah mulai menjelang senja.

 

Puas sekali aktifitas hari ini. Terima kasih Mr Bu, terima kasih Liburan Murah, terima kasih KKDay! See you again in my next trip!

2 thoughts on “Sehari mengitari Ayutthaya bareng KKDay!

    1. KKDay sih lebih kearah jual tiket masuk tempat wisata, tour pendek and rental kendaraan sih… Thanks yah udah mampir dimari 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *